5 Pilihan Modal Usaha Untuk Bisnis Usaha Startup

5 Pilihan Modal Usaha Untuk Bisnis Usaha Startup

5 Pilihan Modal Usaha Untuk Bisnis Usaha Startup - Semakin banyak orang, baik kalangan low hingga high-end, mulai melirik bisnis usaha startup. Apa itu bisnis usaha startup? Bisnis ini fokus pada pengembangan ide-ide usaha fresh dan original, yang semuanya dirintis dari awal. Beberapa founder startup seperti Juny Maimun lewat Indowebster, Achmad Zaky lewat Buka Lapak, dan atau Andy Sjarif lewat Biznet memperlihatkan etos kerja dan juga keyakinan akan ide-ide usaha fresh dan original. Banyak founder startup memperlihatkan bahwa modal bukanlah masalah utama dalam membangun bisnis usaha startup, karena banyak sekali sumber modal yang bisa didapatkan. Berikut 5 pilihan modal usaha untuk bisnis usaha startup.

Modal Pribadi atau Pinjaman Keluarga

Jika Anda tidak mau mengambil resiko dengan meminjam uang di Bank ataupun korporasi-korporasi besar lainnya maka gunakan modal pribadi atau pinjaman keluarga untuk memulai bisnis usaha startup. Jika Anda yakin bahwa bisnis startup Anda akan stand out, maka jangan ragu untuk menabung uang sesuai dengan nominal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis usaha startup. Selain modal pribadi, Anda juga dapat memanfaatkan anggota keluarga Anda untuk mendapatkan modal usaha. Tidak seperti Bank yang jika jatuh tempo maka akan memaksa Anda untuk membayar, anggota keluarga biasanya mampu berkompromi dengan Anda sebagai anggota keluarga.

Crowdfunding

Jika Anda pikir bisnis usaha startup yang akan Anda launching itu bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang, maka carilah modal lewat crowrdfunding. Apa itu crowdfunding? Crowdfunding adalah pengumpulan dana lewat donasi yang dilakukan banyak orang. Jadi Anda menawarkan portfolio bisnis usaha startup Anda di situs-situs crowdfunding seperti RocketHub atau IndieGoGo. Jika ide usaha yang Anda tawarkan ternyata disukai banyak orang, maka otomatis orang-orang akan menggelontorkan dana untuk kemunculan bisnis usaha startup Anda. Yang harus Anda pikirkan adalah Anda jangan sampai terjebak pada mindset keuntungan belaka, melainkan fokus pada ide-ide yang bermanfaat dan dapat membantu banyak orang.

Kartu Kredit

Jika Anda ingin memulai bisnis usaha startup namun memiliki dana yang terbatas, maka Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk sumber modal. Penggunaan kartu kredit untuk startup memiliki kelebihan salah satunya adalah kemudahan. Pengguna dapat dengan mudah melakukan transaksi dan juga melihat riwayat pengeluaran sehingga lebih mudah dalam kalkulasi dana startup. Namun penggunaan kartu kredit untuk bisnis usaha startup juga sangat beresiko, terutama jika pengguna tidak mampu melunasi biaya tagihan yang harus dibayar.

Venture Capital

Salah satu pembiayaan paling efektif lainnya untuk bisnis usaha startup adalah venture capital. Venture Capital atau VC adalah modal yang didapatkan founder startup untuk membangun bisnis usahanya tersebut. Modal tersebut disalurkan lewat Venture Capitalist yang biasanya mendapatkan bunga 20% beserta uang yang telah dipinjamkan saat sebuah bisnis usaha startup sukses. Namun sayangnya tidak mudah mendapatkan dana yang bersumber dari VC ini. Hanya startup yang memiliki plan beserta ide-ide besarnya yang mampu mendapatkan modal dari VC ini.

Dana Hibah Pemerintah

Sumber modal lainnya yang bisa didapatkan untuk bisnis usaha startup adalah dana hibah pemerintah. Untuk mendapatkan bantuan semacam ini Anda harus membuat lembaga khusus yang berhubungan dengan proposal bantuan yang Anda buat. Tidak hanya memberikan pendanaan, pemerintah pun akan memberikan pelatihan, pengawasan dan pengembangan terhadap bisnis usaha startup yang Anda miliki.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Pilihan Modal Usaha Untuk Bisnis Usaha Startup"

Posting Komentar