Tips Agar Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Sablon Kaos

Tips Agar Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Sablon Kaos

Tips Agar Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Sablon Kaos - Salah satu peluang usaha yang banyak diminati para mahasiswa adalah bisnis usaha sablon kaos. Apalagi bila mereka telah tergabung dalam sebuah komunitas yang kerap membutuhkan seragam kaos untuk event tertentu yang mereka selenggarakan. Tak jarang pelanggan kaos tersebut adalah berasal dari teman-teman sendiri atau dapat dijual di kampus.

Mahasiswa juga cenderung lebih menyukai kaos ketimbang kemeja yang terkesan resmi untuk busana sehari-hari sehingga kaos sangat dibutuhkan dan pasarnya pun masih luas. Hal ini memunculkan peluang usaha bisnis sablón kaos yang gambar atau tulisannya dapat dipesan tergantung selera penggemar kaos tersebut.

Munculnya banyak Factory Outlet yang tumbuh subur di gang-gang dekat kampus menandakan bahwa bisnis sablón kaos ini cukup menguntungkan. Dengan mengandalkan media promosi online, sebuah usaha bisnis sablón dapat dikerjakan di rumah atau di garasi.

Ada dua jenis usaha sablón kaos, yakni sablón manual dan sablón digital. Masing-masing jenis sablón kaos itu pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Sablon digital tentunya memerlukan mesin dengan harga yang cukup mahal, sedangkan sablón manual dapat menggunakan peralatan yang lebih sederhana dengan hasil yang tidak jauh berbeda dengan sablón hasil buatan mesin sablón digital.
Bila Anda memilih menggunakan sablon manual, maka yang harus Anda ketahui adalah proses pembuatannyanya yang masih menggunakan cara yang sederhana, yaitu :

1. Proses Afdruk

Setelah Anda menentukan gambar yang diinginkan, maka selanjutnya Anda harus membersihkan screen dan menyiapkan film sablon sesuai dengan gambar. Setelah proses penyinaran maka gambar akan terbentuk di dalam screen dan siap untuk dicetak di media yang telah disediakan. Kaos yang akan Anda sablon dapat Anda siapkan sesuai pesanan.

2. Proses Penyablonan

Sisipkan papan triplex diantara 2 sisi kaos depan belakang agar tidak tembus saat di sablón, siapkan warna yang diinginkan lalu dengan menggunakan rakel atau alat sapu yang terbuat dari karet sintetis untuk menyapu cat pada alat sablón sehingga tercetak pada kaos.

Baca Juga: Kriteria Produk Bisnis Online Paling Laku yang Wajib Diketahui!

3. Proses Penghapusan Film

Setelah proses sablón selesai, bersihkan screen dengan air yang dicampur obat pencuci screen, gosok dengan spons, bilas dan keringkan di bawah sinar matahari.
Sedangkan bila Anda memilih dengan sablón digital, Anda harus memiliki mesin printer inject yang dapat mencetak foto dengan hasil yang bagus. Lalu tempel dengan metode terbalik ( mirror ), tempel gambar pada kaos dan dengan menggunakan hot press kaos listirk panaskan pada suhu tertentu. Setelah itu gambar akan menempel pada kaos .
Cukup mudah bukan? Kini bahkan ada beberapa usaha sablón kaos digital yang menerima pesanan sesuai gambar yang Anda inginkan, Anda hanya tinggal menyediakan gambar melalui soft copy dan kaosnya. Tempat usaha sablón digital tersebut akan membantu Anda mencetak dan melakukan sablón pada kaos yang Anda bawa.

Tips agar sukses dalam bisnis sablon kaos adalah :

  1. Kreatif mendesain kaos dengan desain yang unik. Anda dapat membuat desain sesuai dengan issue yang sedang hangat saat ini. Apalagi di musim kampanye pilkada atau pilpres yang biasanya ramai peminat yang butuh kaos menggambarkan calon pemimpin idola mereka.
  2. Pilih bahan yang bermutu. Kaos dengan bahan katún lebih banyak diminati meski harganya lebih mahal. Semakin bagus produk dan hasil sablón, semakin banyak pesanan yang akan Anda terima. Citra dan reputasi bisnis sablón kaos Anda juga dibangun dari kreatifitas desain dan bahan yang nyaman untuk dipakai.
  3. Buat strategi promosi yang tepat, Anda dapat menggunakan media online misalnya dengan membuat fanpage, akun Instagam, atau membuat website toko online yang menjual produk kaos hasil sablonan Anda. Buat foto yang menarik agar pelanggan menyukainya dan menghubungi Anda. Biasanya ada pelanggan yang ingin memesan gambar atau tulisan tertentu. Layani mereka dengan baik agar mereka kembali memesan kepada Anda bila hasilnya memang memuaskan. Untuk strategi penjualan offline, Anda dapat menjual kaos tersebut pada event-event tertentu seperti Lebaran, Tahun baru, perlombaan tertentu, bazaar dan lain sebagainya.
Demikian informasi tentang peluang usaha bisnis sablón kaos, cukup menarik bukan?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Agar Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Sablon Kaos"

Posting Komentar