Ternyata ini Alasan Mengapa Produk Handmade Lebih Mahal Dipasaran

Ternyata ini Alasan Mengapa Produk Handmade Lebih Mahal Dipasaran

Alasan Mengapa Produk Handmade Lebih Mahal - Dalam bisnis usaha produk handmade atau bisa diartikan sebagai produksi sendiri, pada dasarnya bukanlah perkara yang mudah. karena seller sudah memiliki brand atau image pada produk yang di pasarkan, oleh karena itu para pelaku usaha kreatif tentu butuh memutar otak untuk mampu mendatangkan pelanggan, dari keunggulan ide kreatif itulah mengapa biasanya produk handmade lebih mahal, disini akan saya jabarkan mengapa produk/barang handmade harganya lebih mahal dibanding produk non handmade.

1. Idealis

Produk handmade biasanya didasari idealis oleh si pembuatnya, idealis tersebut akan memberikan nilai positif tersendiri pada produk handmade yang di jual, dan ini penting jika Anda dalam menjalankan bisnis ada idealis dalam diri Anda.

2. Filosofi

Dengan memiliki produk handmade akan membuat buyer memiliki kebanggan tersendiri akan produk yang di belinya, dan tentunya menghasilkan filosofi bagi buyer.

3. Desain product

Desain produk adalah salah satu dari objek idealis produk handmade, mulai dari desain logo, brand, dan tentunya lebih menonjolkan desain produk, produk handmade wajib untuk memikirkan fungsi dimensi dan target pasar dan lain sebagainya.

4. Nama produk

Nama produk juga hal yang paling penting karena “nama” merupakan media untuk mendongkrak eksistensi dari produk yang telah diproduksi. Nama dari Produk harus memiliki makna, Mengapa? karena “nama” merupakan salah satu objek dari filosofi yang akan memberikan image kepada buyer dan tentunya memberi kebanggan tersendiri bagi buyer.

Baca Juga: Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Untung Besar Untuk Pelajar

5. Jumlah produksi

Produk handmade biasanya diproduksi tidak dalam jumlah banyak atau lebih dikenal dengan Limited Edition yang artinya jumlahnya terbatas, dan produk yang jumlah produksinya terbatas pasti di bandrol dengan harga tinggi, dan tentunya konsumen akan merasa bangga jika produk yang mereka pakai tidak banyak beredar dipasaran.

6. Biaya produksi

Perlu anda ingat produk handmade dibuat dalam jumlah yang terbatas,maka dari itu ongkos produksi yang Anda perlukan tidaklah terlalu besar, Anda tidak perlu menganggarkan dana untuk membeli mesin jahit atau alat-alat perkakas dll, yang harganya cukup mahal, Anda hanya butuh action dengan Do it your self.

7. Modal

Anda tidak perlu menganggarkan modal yang besar di bisnis usaha ini dan berapapun jumlahnya tentu anda bisa menjalaninya, asal segala sesuatunya didasarkan atas konsistensi dan efisiensi, dan perlu anda ketahui Anda juga bisa bekerjasama dengan rekan Anda jika anda tidak mempunyai modal yang mencukupi.

8. Bagian dari seni

Produk handmade dapat dikategorikan sebagai barang seni, karena si pembuat produk handmade ini tentu didasari pengetahuan, perhitungan, ketelitian dan bakat seni yang dia punya, mulai dari penguasaan produk, sampai strategi pasar dan cara berbisnis.

9. Barang reject

Meminimalisir kerugian karena produk tidak bisa dijual, maka pasti ada saja barang yang di reject, karena produk handmade dibuat secara DIY, Anda perlu ingat membuat suatu produk handmade tentu tidaklah semudah yang anda pikirkan, Anda butuh kemampuan yang cukup ahli dalam menangani setiap resiko barang yang Anda akan produksi, presentase barang reject dapat mencapai 10 sampai 20 persen dari total keseluruhan produksi.

Jadi kesimpulannya produk handmade punya daya tarik tersendiri di masyarakat dan dimata pembeli, para pelaku produk handmade jangan berputus asa apabila produk anda sulit untuk dipasarkan, barang handmade akan selalu ada dihati para pembeli.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ternyata ini Alasan Mengapa Produk Handmade Lebih Mahal Dipasaran"

Posting Komentar