Peluang Bisnis Usaha Kreatif Berbahan Baku Karet

Peluang Bisnis Usaha Kreatif Berbahan Baku Karet

Bisnis Usaha Kreatif Berbahan Karet – Perkembangan produk berbahan karet saat ini semakin luas, dengan kreasi produk yang bisa dibuat tak hanya oleh kalangan pabrikan, namun juga skala home industry. Produk kreasi karet yang saat ini sedang banyak diminati seperti aksesori tarikan resleting, mini frame foto, label karet untuk label tas, jaket, topi, sepatu, kemeja, T-shirt, sandal, celana, cover buku agenda, dompet, dan lain-lain yang banyak dibutuhkan oleh kalangan distro.

Selain itu ada juga produk kreatif berbahan karet berupa produk fesyen seperti tas balon. Seperti apa peluang bisnis produk kreasi baru berbahan karet?

Karet merupakan bahan baku yang digunakan pada sebagian besar produk yang kita jumpai sehari-hari. Kegunaannya untuk berbagai keperluan ditunjang oleh sifatnya yang lentur dan sangat elastis. Karet umumnya banyak digunakan untuk kebutuhan industri seperti pembuatan ban, perahu karet, pelampung, alat kedokteran, perabotan rumah tangga, untuk produk tekstil dan sebagainya. Namun saat ini semakin banyak ragam produk baru yang bisa dihasilkan dari bahan baku karet.

Produk tersebut memiliki kegunaan yang cukup luas, dari mulai pelengkap kebutuhan mebel, hingga fesyen.Bisnis Usaha pembuatan produk berbahan karet juga bisa dijalankan oleh usaha home industry.

Pangsa pasar produk kreasi dari karet cukup luas dan berpeluang besar digarap, seperti misalnya produk promosi merchandise berbahan karet bisa menyasar kalangan sekolah, perguruan tinggi, supporter sepak bola, klub motor/mobil, organisasi sosial, parpol, perusahaan.

Ada pula kreasi karet yang dibuat menjadi produk label merek untuk pengenalan brand sebuah produk konveksi, garmen dan distro seperti jaket, jeans, topi, sepatu, sarung tangan dan lainnya.Tak hanya itu, produk karet lain yang cukup kreatif juga diaplikasikan pada produk mebel untuk melindungi kaki-kaki mebel, maupun bahan pelengkap sebagai seal tabung LPG.

Dibandingkan produk pabrikan, biasanya produk kreasi berbahan karet skala home industry dikerjakan dengan teknologi sederhana dan umumnya memiliki disain yang spesifik karena bisa menerima pesanan disain dari konsumen.

Hal ini memberikan nilai lebih tersendiri karena produknya nampak lebih eksklusif. Berbagai disain bisa diaplikasikan pada produk kreatif berbahan karet, seperti misalnya gelang karet dengan motif karakter tokoh kartun atau karikatur.

Modal Minim. Modal untuk membuat produk kreasi dari karet untuk kebutuhan promosi maupun pelengkap fesyen cukup terjangkau, dengan harga jual cetakan/matres hanya berkisar Rp 100-150 ribu per model cetakan. Harga matres/molding (master dari aluminium untuk cetakan karet) bervariasi tergantung bentuk karet untuk kebutuhan industri (pembuatan ban, pelampung, perahu; keperluan mebel dll) merupakan jenis karet kompon.

Baca Juga: Daftar Produk Online Shop Terlaris dan Menguntungkan di Tahun 2018

Jenis bahan karet yang biasanya digunakan untuk membuat produk untuk promosi maupun kebutuhan fesyen adalah jenis karet sintetic cair. Pada jenis karet sintetis cair, proses pemanasan bisa membuat karet. menjadi beku, sedangkan pada karet kompon justru sebaliknya karet menjadi mengembang. Harga bahan karet sintetis cair Rp 35 nibu per kg, sedangkan pewarna khusus karet Rp 150 ribu/kg. Bisa pula ditambahkan aroma pewangi/ essence pada karet saat akan dicetak.

Bagi pemula usaha juga bisa memperoleh keterampilan dengan mengikuti kursus terlebih dahulu dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp 2-5 juta sudah mendapatkan bahan baku dan peralatan membuat produk dan karet lengkap. Biasanya peserta kursus akan dibimbing sampai bisa menjalankan usaha sendiri.

Sebagai pemula, sebaiknya membuat produk pesanan terlebih dahulu karena produk yang akan dikerjakan sudah jelas bentuk, disain, dan jumlahnya. Selain itu bisa menerapkan pembayaran dengan sistem DP teriebih dahulu.

Untuk memperbesar omset, selain membuat produk kreasi karet untuk kebutuhan promosi, pelengkap produk distro seperti label tas, sepatu,jaket, topi, pelaku usaha bisa membuat pengembangan produk misalnya membuat produk sandal untuk kebutuhan distro, dan lainnya, Kembangkan kreasi Anda.
Pemasaran.

Strategi pemasaran yang bisa dilakukan harus memperhatikan target pasar yang dituju. Misalnya produk berbahan karet untuk pelengkap mebel menyasar toko-toko bangunan dan produsen mebel. Produk label merek bisa menyasar kalangan distro dan konveksi, sedangkan tatakan gelas karet bisa menyasar kalangan pengusaha kuliner, dan lainnya. Promosi bisa dilakukan dengan membuat website, promo di jejaring sosial, iklan di media cetak, dan penawaran promo pada momen tertentu untuk lebih menarik minat konsumen.

Persaingan produk dengan impor tidak ketat, bahkan produksi lokal cukup bisa bersaing. Hal itu karena produk kreasi karet impor seperti gelang karet asal China tidak bisa memesan model. Selain itu harga jual lebih mahal karena ada biaya pajak, sedangkan kualitasnya bisa dikatakan hampir sama dengan lokal. Dalam menyikapi persaingan, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat display website yang menarik.

Quality control yang sangat ketat juga harus diterapkan untuk mengurangi terjadinya risiko retur. Cara menyikapi persaingan yang lain juga dapat dilakukan dengan menyediakan layanan pembuatan karet dari hulu ke hilir. Mulai dari penjualan alat cetak, bahan baku, produk hingga kursus atau pelatihannya.

Dengan modal minim, dan kemudahan menjalankan usaha ini, ternyata omset yang bisa diraih dan produk kreasi berbahan karet ini cukup tinggi, hingga puluhan juta rupiah per bulan, dengan laba bersih bisa mencapai 50% – 75%. Jadi, tak ada salahnya jika peluang bisnis berbahan karet ini jadi pilihan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peluang Bisnis Usaha Kreatif Berbahan Baku Karet"

Posting Komentar