5 Langkah Sederhana Memulai Berbisnis Kuliner

5 Langkah Sederhana Memulai Berbisnis Kuliner

Langkah Sederhana Memulai Berbisnis Kuliner - Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang banyak diminati. Terbukti semakin banyak orang yang bergelut dibisnis ini. Mulai dari pengacara, artis, bahkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming juga menggeluti bisnis kuliner. Tetapi tidak semua pengusaha kuliner mampu bertahan lama.Karena semakin hari, pelaku bisnis kuliner semakin menjamur.

Tentu saja dibutuhkan kerja keras untuk terus bertahan.Selain itu, dalam menggeluti bisnis usaha kuliner ini, sangat dibutuhkan inovasi dan kretifitas yang tinggi untuk bisa bersaing dengan pelaku bisnis usaha lainnya. agar Anda sukses dibidang bisnis kuliner, inilah langkah awal yang harus Anda perhatikan :

1. Skill adalah modal utama sebelum memulai bisnis kuliner. Mengingat bisnis ini adalah dengan jumlah peminat yang sangat banyak, Anda tentu saja harus memiliki keahlian dibidang ini. Walaupun nantinya Anda akan mempekerjakan beberapa karyawan, keahlian Anda dalam bisnis kuliner akan menjadi salah satu penentu kelangsungan bisnis usaha Anda.

2. Pemasok adalah bagian yang tidak boleh disepelekan sebelum memulai bisnis kuliner. Ketersediaan bahan baku menentukan jumlah kuliner yang dapat Anda sajikan setiap harinya. Untuk itu, Anda harus memiliki supplier tetap. Misalkan anda berbisnis nasi goreng, tentu saja Anda harus berlangganan dengan supplier beras, yang menjamin kualitas serta kuantitas berasnya sebagai bahan dasar kuliner Anda.

Baca Juga: Tips Sebelum Memulai Usaha Frozen Food Paling Mudah

3. Target pasar. Anda harus menentukan target pasar Anda secara jelas. Target pasar tentu saja dilihat dari segi pekerjaan, pendapatan dan sebagainya. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuka usaha kuliner yang dekat dengan lingkungan masyarakat Chinesse, maka Anda dapat menjadikan Chinesse food sebagai menu utama dalam bisnis kuliner Anda. Hal ini menunjukkan usaha anda tepat sasaran.

4. Mempertahankan reputasi dan terus berinovasi. Bertahan atau tidaknya suatu bisnis kuliner juga bergantung pada pelayanan. Bagaimana cara kita melayani pengunjung, menghidangkan pesanan, atau menjaga kebersihan makanan.Itu semua harus diperhatikan dengan baik. Karena jika ada konsumen yang complain dengan pelayanan Anda, maka akan berakibat fatal bagi bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus terus berinovasi, agar Anda mampu bersaing dengan pelaku bisnis usaha kuliner lainnya. Misalnya, memadukan masakan daerah yang satu dengan daerah lainnya agar konsumen tidak merasa bosan dan tetap menjadi pelanggan Anda.

Baca Juga: Ide dan Cara Memulai Usaha Kuliner Paling Mudah!

5. Butuh kesabaran extra. Seperti kata orang bijak. Kesabaran adalah kunci untuk meraih sukses. Untuk itulah Anda harus bersabar jika memulai konsep usaha kuliner ini. Jangan khawatir atau putus asa jika dihari pertama atau diminggu pertama Anda memulai bisnis usaha ini, jumlah pengunjung belum seberapa.

Jangan berfikir Anda akan gagal. Yakinlah bisnis Anda akan berhasil jika anda tetap tekun dan berusaha sebaik mungkin.Jika masakan anda memang lezat dan dapat diterima dengan baik oleh konsumen, maka mereka pasti akan berlomba-lomba mengunjungi dan menikmati hidangan kuliner andalan Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Langkah Sederhana Memulai Berbisnis Kuliner"

Posting Komentar