Tips Sebelum Memulai Usaha Frozen Food Paling Mudah

Tips Sebelum Memulai Usaha Frozen Food Paling Mudah

Tips Sebelum Memulai Usaha Frozen Food - Salah satu bisnis kuliner yang sedang hits saat ini adalah bisnis frozen food atau makanan beku, biasanya berupa produk olahan daging ayam atau sapi seperti nugget, chicken wings, sosis, cireng dan lain-lain. Hal ini karena banyak orang yang sibuk belajar atau bekerja sehingga tidak sempat memasak.

Kelebihan makanan frozen food adalah dapat disimpan dalam waktu yang relatif lebih lama dan mudah dalam memasaknya, cukup dihangatkan atau digoreng dan dapat dikombinasikan dengan makanan lain seperti mie instan dan dapat dijadikan sebagai lauk atau kudapan ( snack ). Kegemaran orang menyantap frozen food ini memunculkan peluang usaha berjualan atau membuat frozen food di sekitar kampus, sekolah dan tempat kerja.


Pembuatan frozen food ini selain sudah diproduksi oleh pabrik besar dan ternama seperti Frozen Food Bernardi, BellFood, So Nice dan lain-lain juga mulai dibuat oleh industri rumahan. Bila Anda tidak bisa membuat produknya sendiri, Anda dapat menjadi reseller produk tersebut. Namun ada hal yang harus Anda persiapkan bila hendak memulai bisnis frozen food yaitu :

1. Tentukan produk yang ingin Anda jual

Jenis frozen food sangat banyak, karena itu ada baiknya Anda tentukan jenis yang akan Anda jual apakah sosis, chicken wings, nugget, lumpia beku dan lain-lain. Jenisnya dapat Anda sesuaikan dengan permintaan pasar di sekitar Anda. Karena itu lakukan dahulu survey kecil untuk memastikannya. Bila berjualan semua produk belum memungkinkan, jual lah terlebih dahulu produk yang banyak diminati.

2. Miliki peralatan penunjang

Untuk menjadi distributor atau penjual frozen food Anda harus memiliki lemari es dan freezer yang dapat menjaga kesegaran produk frozen food Anda. Perhatikan pula tanggal kadaluarsanya, agar pelanggan tidak komplain karena tanggalnya sudah terlalu dekat expired pada saat Anda menjual.

Tips mudahnya, letakkan produk dengan tanggal kadaluarsa yang masih lebih lama di belakang produk yang tanggal expirednya lebih dekat, sehingga Anda tidak salah mengambil stok bila ada pelanggan yang membeli, jangan keliru memberikan kepada pelanggan stok yang expirednya masih tahun depan namun yang Anda simpan ternyata tanggal stocknya kurang 6 bulan lagi, ini tentunya dapat merugikan Anda sebagai penjual.

3. Dapatkan lisensi makanan

Anda dapat membuat sendiri frozen food tersebut dan ingin menjualnya? Bila Anda hendak menjualnya dengan menitipkan produk di swalayan atau supermarket, produk Anda harus memiliki lisensi. Produk makanan non daging cukup mengurus izin PIRT ke dinas perindustrian setempat, namun produk olahan daging seperti frozen food di atas membutuhkan ijin BPOM yang pengurusannya membutuhkan waktu dan biaya lebih besar. Namun bila hanya menjual kepada teman dan tetangga, ijin semacam itu tidak perlu dilakukan.

Baca Juga: 11 Hobi yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Menghasilkan Uang

4. Pikirkan metode pemasaran

Metode penjualan yang dapat Anda gunakan adalah secara offline dan online. Pemasaran offline dapat Anda lakukan dengan bergabung di bazaar makanan yang kerap dilakukan oleh banyak istansi atau memanfaatkan momen puasa Ramadhan, Lebaran dan Tahun Baru, atau Anda dapat menitipkannya ke warung dan toko terdekat. Bila frozen food Anda belum memiliki ijin usaha atau lisensi, Anda tidak dapat menjual produk Anda disitu.

Namun jangan putus asa, sebab Anda masih dapat menjualnya kepada teman, tetangga dan lain-lain. Secara online, Anda dapat bergabung di banyak grup kuliner baik di Facebook atau media online lainnya. Buatlah foto yang menarik tentang produk frozen food tersebut dan upload disana disertai keterangan harga, metode pembayaran dan pengiriman.

5. Sebutkan kelebihan produk Anda

Bila Anda memutuskan untuk berjualan produk frozen food buatan Anda sendiri, Anda dapat menyebutkan kelebihan produk frozen food tersebut yang bebas pengawet dan MSG karena dibuat di rumah ( homemade ), berbeda dengan produk yang dihasilkan oleh pabrik besar.
Demikian informasi tentang seputar peluang usaha bisnis frozen food, semoga menjadi inspirasi para penyuka kuliner untuk menjadikan sebagai bisnis sampingan atau bahkan bisnis utama.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Sebelum Memulai Usaha Frozen Food Paling Mudah"

Posting Komentar