Tips dan Cara Mencari Supplier Secara Online Untuk Bisnis Dropship

Tips dan Cara Mencari Supplier Secara Online Untuk Bisnis Dropship

Setelah sebelumnya saya sudah membahas tentang Bagaimana Memulai Bisnis Dropship, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Tips dan Cara bagaimana mencari Supplier yang terpercaya untuk Bisnis Dropship.

Sedikit penjelasan,Supplier adalah pemasok berupa barang maupun jasa dalam sekala besar baik secara individu maupun melalui PT ataupun perusahaan yang secara berkesinambungan menjual barang kepada costumer dengan harga grosir.

Nah, sudah jelas kan apa itu Supplier? Dalam menjalankan Binis Dropship, kita adalah seorang Costumer, tapi barang yang kita beli dari Supplier tidak kita konsumsi, melainkan kita jual kembali dengan harga yang lebih mahal, lalu apa beda nya dengan Reseller? Jelas sangat beda sekali, Seorang Reseller diharuskan memiliki stok barang. dan ketika ada seorang pembeli maka kita sebagai Reseller harus mengatur semua hal dalam jual beli, seperti ketersediaan barang, hingga pengiriman barang, sedangkan Dropshipper, hanya sebagai perantara promosi, dan kita mengambil margin keuntungan atas promosi yang kita buat, untuk masalah pengiriman dan sebagainya, maka semua itu sudah menjadi tanggung jawab seorang Supplier.

Dalam bisnis Dropship, Supplier memiliki peranan yang sangat penting, kita harus mencari seorang Supplier yang benar-benar terpercaya dan bertanggung jawab, lalu bagaimana sih mencari Supplier yang terpercaya dan bertanggung jawab? Berikut caranya.

Cara Mencari Supplier yang Terpercaya

Mencari Supplier khususnya untuk Toko Online sebenarnya sangatlah gampang, namun anda harus berhati-hati dalam mencari Supplier, apalagi kalau anda mencari seorang Supplier hanya lewat Online tanpa bertemu langsung, karena banyak sekali Oknum tidak bertanggung jawab yang membuat nama Toko Online anda tercoreng, oleh karena itu berikut adalah cara-cara dalam mencari Supplier yang terpercaya.

1. Mencari Produk Yang Akan Dijual

Langkah awal sebelum mencari Supplier adalah, anda harus menentukan produk apa yang akan anda jual, saya sarankan jika baru ingin memulai berjualan dengan Metode Dropship, anda harus menjual produk dengan satu kategori saja, misal anda ingin menjual dengan kategori pakaian dan fashion, maka anda harus menjual dengan satu kategori tersebut, jangan dicampur dengan kategori lain yang tidak ada hubungannya dengan pakaian dan fashion, hal ini bertujuan agar fokus anda tidak terbagi pada banyak produk, dan juga untuk meningkatkan branding pada produk yang anda jual.

Setelah itu carilah Kata Kunci produk yang akan anda jual di beberapa marketplace, jika sudah menemukan produk yang anda incar, mulai lah anda lihat produk-produk tersebut dan lanjut ke langkah berikutnya.

2. Hubungi Supplier

Menghubungi Supplier merupakan poin penting dalam mencari Supplier, anda bisa menghubungi Supplier bisa via Chat pada Marketplace tersebut, atau bisa juga tatap muka langsung dengan Supplier, mulai lah bertanya, apakah barang-barang yang anda Incar Ready Stock, jadwal pengiriman, dan jangan lupa untuk meminta agar setiap barang yang anda pesan untuk mencantumkan identitas serta harga yang ada di Toko Anda, hal ini bertujuan agar pelanggan tidak kecewa, terlebih lagi jika pelanggan tau harga sebenarnya dari Supplier, maka rating dari Toko Anda akan menurun.

Tips Mendapatkan Supplier Terpercaya

Jika anda ingin memulai bisnis Dropship via Online dengan menggunakan Marketplace, maka sangat mudah sekali untuk mendapatkan Supplier yang bisa anda percaya, saya akan memberikan sedikit tips bagaimana mencari Supplier yang terpercaya.


1. Menggunakan Rekber

Gunakanlah jasa Rekber ( Rekening Bersama ) dalam bertransaksi, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penipuan oleh Oknum Supplier tidak bertanggung jawab, jika anda bertransaksi menggunakan jasa Marketplace seperti Tokopedia dan sebagainya, maka anda tidak perlu khawatir -ditipu, karena setiap uang yang anda transfer ke Supplier, itu tidak langsung masuk ke-Rekening Supplier, melainkan ditahan terlebih dahulu oleh pihak Marketplace.
Dan satu hal lagi yang harus di ingat jangan pernah bertransaksi diluar sistem Marketplace untuk mencegah tindakan Penipuan.

2. Lihat Track Record Supplier

Sebelum menjalin kerjasama, ada baiknya anda mencari tahu tentang rekam jejak Supplier anda, lebih bagus lagi jika anda mengetahui Alamat Supplier, hal ini untuk memastikan apakah ia pernah terlibat penipuan online atau tidak.

3. Melihat Rating dari Supplier

Rating sebuah Toko Online merupakan suatu hal yang sangat penting, hal ini mempengaruhi kepercayaan konsumen, dalam mencari Supplier anda harus memperhatikan bagaimana Rating dari Toko Supplier anda, hal ini untuk memastikan apakah produk yang ia jual sesuai atau tidak.

Anda juga harus teliti dalam melihat Feedback dan testimoni yang tertera di toko, karena sekarang banyak sekali Supplier yang menggunakan Feedback palsu untuk mengelabuhi calon pembeli.

4. Cek Kualitas Barang dan Tingkat Respon Supplier

Jika anda kurang yakin dengan kualitas barang yang dijual oleh Supplier, anda bisa membeli beberapa produk Supplier anda, untuk memastikan bagaimana kualitas barang tersebut, tidak hanya itu cobalah bertanya menggunakan fitur chat, untuk memastikan apakah Supplier Responsive dalam menanggapi semua pesan yang masuk, hal ini sangat berguna nanti, jika anda memiliki keluhan kepada Supplier anda.

5. Ketersediaan Barang

Tips yang terakhir adalah cek ketersediaan barang, coba tanyakan apakah barang yang anda inginkan ready stock atau pre order, Hal ini sangat penting karena jika Anda mendapatkan order dalam jumlah banyak sedangkan Anda tidak tahu tersedianya barang atau tidak akan memperlambat Anda dalam proses pelayanan. Bila ternyata produk yang dijual pre order, Anda harus menjelaskan ke pada pelanggan Anda agar sedikit bersabar karena proses pengiriman barang yang terlambat.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan kalau mencari Supplier haruslah berhati-hati, karena jika anda mendapatkan Supplier yang tidak bertanggung jawab, maka Bisnis anda yang akan menjadi korbannya, semoga Cara dan Tips diatas bermanfaat bagi anda yang ingin memulai Bisnis Dropship.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips dan Cara Mencari Supplier Secara Online Untuk Bisnis Dropship"

Posting Komentar