11 Referensi Ide Tema Niche Video Youtube Yang Wajib Kamu Coba

11 Referensi Ide Tema Niche Video Youtube Yang Wajib Kamu Coba

Youtube saat ini memiliki perkembangan yang sangat pesat, banyak sekali konten kreator yang kini menjadi Youtuber, mungkin ada pernah bertanya, manfaatnya menjadi Youtuber itu apa sih? Bukan tanpa Alasan mengapa mereka menjadi Youtuber, bahkan menjadikan Youtube sebagai pekerjaan utama mereka. Hal ini dikarenakan ia bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube.

Menjadi Youtuber ternyata tidaklah mudah, anda harus bersaing dengan Konten Kreator lain ditambah lagi sekarang mulai menjamur re-Uploader, yaitu dimana mereka tidak membuat konten original tapi mengunggah ulang konten orang lain, pada awalnya, Youtube di ciptakan hanya untuk bersosial media dan berbagi video bermanfaat, tapi sekarang Youtube berubah drastis dan bisa menjadi sumber penghasilan.

Ketika anda melihat channel yang sudah terkenal, seperti Chandraliow, Agung Hapsah dan lainnya, pernah tidak anda berfikir "Wah, Pengen deh kaya mereka, coba ah bikin video". Untuk membuat konten yang bagus seperti Chandraliow, Agung Hapsah, dan lainnya itu tidaklah mudah, banyak sekali proses dan rintangan yang mereka lalui, anda bisa melihat di Youtube, bagaimana Video pertama mereka di Youtube, tidak sebagus sekarang kan? Nah, jika anda ingin mencoba menjadi konten kreator Youtube,mulai lah belajar tentang cara Mengambil Gambar Video yang bagus, hingga belajar Editing.

Di Youtube ternyata ada beberapa pengelompokan Tema / Niche Channel, hal ini untuk memudahkan para Konten Kreator membuat Video yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Beberapa Referensi Niche / Tema Youtube

Bagi anda yang masih bingung untuk mencari ide Niche / Tema Youtube, saya akan memberikan beberapa referensi yang mungkin bisa sedikit membantu anda, berikut daftarnya.

1. Video Tutorial

Apabila anda memiliki Hobi, atau Kemampuan tertentu, mungkin Niche Tutorial cocok untuk anda, misalkan anda Hobi dalam memasak, anda bisa membagikan resep dan tips memasak, tidak perlu jago seperti yang di televisi, yang paling terpenting adalah, menarik dan bermanfaat.

Dengan bermodalkan Action Cam anda sudah bisa langsung menjalankan Channel Tutorial, menggunakan Handphone Android juga bisa, tapi anda harus pintar-pintar dalam memilih kualitas kamera pada Android, agar Video yang di hasilkan bisa maksimal.

2. Video Gaming

Anda seorang Gamers, atau hanya sekedar Hobi bermain Games? Maka channel Gaming jawabannya, saat ini tengah ramai orang membuat Channel Gaming, karena membuat konten Gaming tidak terlalu sulit, anda hanya perlu merekam permainan anda.

Untuk Channel Gaming, bisa dibilang murah tapi bisa juga mahal, mengapa demikian? Channel gaming bisa dibagi menjadi dua tipe, ada Channel Gaming Android, ada juga Channel Gaming PC.
Untuk Gaming PC, anda memerlukan banyak sekali Alat Mahal, seperti PC dengan spek tinggi yang harganya hingga belasan juta, kamera dan alat-alat pendukung lainnya.

Sudah banyak kok Youtuber Gaming di Indonesia yang sukses, sebut saja MiawAug, Tara Arts Game, Reza Oktovian dan Masih banyak lagi.

Baca Juga: 3 Cara Menghasilkan Uang Dari Bermain Game

3. Video Musik

Jika anda memiliki bakat dalam Bermusik, anda bisa mencoba membuat Video Musik, tema Video Musik merupakan salah satu Tema yang paling banyak di cari oleh orang, Video yang terdapat di Musik tersebut juga memiliki nilai tambah sehingga penonton menjadi betah berlama-lama menonton.

Dalam Video Musik, ada beberapa kategori yang harus kamu ketahui, yaitu kategori Cover Vocal, Cover Instrumental, dan Artist, jika anda memiliki bakat dalam tarik suara, cobalah membuat Cover Vocal dan buatlah Aransemen semenarik mungkin, dan jangan lupa untuk izin kepada Artis terkait agar Video mu tidak bermasalah, lalu jika anda berbakat dalam memainkan Alat Musik cobalah membuat Cover versi Instrumental, seperti Cover Fingerstyle Gitar, Piano dan lain sebagainya, atau jika anda memiliki management dan karya sendiri, anda bisa membuat video yang bertujuan untuk mempromosikan karya anda.

Beberapa Youtuber yang sukses dalam membangun Channel Video musik, diantaranya Hanin Dhiya, Nathan Fingerstyle, Tereza Pahlevi, dan masih banyak lagi.

4. Video Vlog

Tema Vlog atau Video Blog merupakan sebuah Video yang menceritakan kehidupan anda sehari-hari, untuk membuat Video ini bisa dibilang gampang-gampang susah, karena anda diharuskan membuat cerita kehidupan anda semenarik mungkin, lalu dikemas dengan Pengambilan Gambar dan Editing Video yang bagus.

Kepercayaan Diri merupakan hal paling penting dalam membuat Video Vlog, karena jika anda malu untuk berbicara di depan kamera, maka Video anda akan menjadi sangat kaku, selain itu perhatikan juga kualitas Audio anda, agar penonton bisa dengan nyaman mendengarkan apa yang anda bicarakan.

Buatlah Video yang menceritakan sesuatu yang unik, apakah itu pekerjaan anda, kehidupan sehari-hari anda, atau jika anda tinggal di luar negeri, maka anda bisa membuat Vlog tentang keseharian anda diluar negeri.

5. Video Social Experiment / Eksperimen Sosial

Pada video Eksperimen Sosial anda dituntut untuk tidak malu pada saat berkomunikasi dengan orang banyak, karena biasanya, pada tema ini, para konten kreaotr mewawancarai banyak orang secara acak untuk menanyakan pendapat mereka terhadap sesuatu.

Atau bisa juga anda membuat Sosial Eksperimen seperti, anda pura-pura menjadi pengemis atau sebagainya, Resiko yang muncul apabila anda membuat video ini adalah dapat berpotensi membuat seseorang yang anda wawancarai tersinggung dan marah apabila anda membuat percobaan sosial yang sangat tidak lazim.

6. Video Prank

Seperti judulnya Video Prank adalah sebuah video yang berisi aksi dimana kamu menjahili orang lain dengan kejutan, trap, atau lelucon, yang nantinya bertujuan untuk membuat penonton terbawa suasana dan tertawa melihat tingkah jahil kamu terhadap orang lain.

Namun anda harus berhati-hati dalam membuat video ini karena banyak sekali resikonya, karena masih banyak orang yang tidak suka ketika dikerjai, dan saran saya jangan membuat video prank yang terlalu berlebihan dan bisa membahayakan orang lain.

7. Video Review

Membuat video review yang bertujuan untuk memberitahukan spesifikasi, kegunaan dan kelemahan suatu produk, kunci utama dalam pembuatan video review sama seperti video vlog, anda harus bisa menguasai pengambilan gambar yang menarik, editing video, dan kualitas audio yang bagus, agar penonton bisa betah berlama-lama menonton video anda.

Untuk durasi, sebisa mungkin jangan terlalu lama, idealnya untuk video review rata-rata durasinya 7-15 menit, namun semua informasi yang anda sampaikan haruslah padat dan jelas, sehingga semua keterangan tentang produk yang anda review tersampaikan.

8. Video Binatang

Anda memiliki hewan peliharaan yang lucu dan pintar? Cobalah membuat video binatang, membuat video ini sangatlah mudah, hanya bermodalkan kamera ponsel anda sudah bisa membuat video binatang, rekamlah setiap momen, dan tingkah lucu binatang anda, dan edit semenarik mungkin.

Jika anda tidak memiliki hewan peliharaan, anda bisa juga merekam hewan liar sekitar, mungkin dengan merekam bagaimana tingkah laku hewan liar, atau bisa juga dengan memberikan makan hewan tersebut.


9. Video Traveling

Tema Traveling atau Wisata, anda bisa membuat video tentang pengalaman anda mengunjungi tempat-tempat tertentu yang menarik. Jika anda tidak memiliki budget yang banyak untuk mengunjungi tempat wisata di berbagai daerah, tidak perlu jauh-jauh anda bisa membuat video wisata di sekitar rumah anda.

Untuk modal nya sendiri, anda harus memiliki kamera yang mendukung perjalanan anda, seperti Action Cam, untuk memberitahukan atau mereview tempat wisata yang anda kunjungi, rekamlah gambar yang memiliki keunikan tersendiri.

10. Video Parodi

Membuat Video Parodi susah-susah gampang, biasanya harus membentuk team, karena anda harus memparodikan sebuah adegan atau peristiwa, misalnya anda memparodikan sebuah adegan film, drama, atau anime, dikemas sebaik mungkin dengan editing video yang menarik, sehingga membuat video anda menjadi lucu,yang tengah ramai saat ini adalah, membuat Parodi dari Adegan Anime.

11. Video Fakta Unik (Wawasan)

Apakah anda pernah menonton On The Spot Trans 7? Saat ini konten hiburan yang menyajikan Fakta Unik, atau sebuah kejadian peristiwa sangat laku di TV maupun Youtube, untuk membuat konten Fakta Unik, anda tidak perlu shooting video, anda bisa mengambil berbagai macam kejadian di berbagai macam belahan dunia, untuk sumber nya anda bisa cari di Youtube, lalu anda potong video tersebut menjadi beberapa bagian, tambahkan narasi, dan edit semenarik mungkin channel yang sukses membuat konten Fakta Unik diantaranya, YT Crash dan Calon Sarjana.


Niche / Video Yang Saat Ini Tengah Ramai

Dari 11 Referensi Niche atau Tema diatas, di tahun 2018 ini ada beberapa Tema yang sedang ramai, diantaranya adalah Konten Gaming, dan Fakta Unik.

Perkembangan dunia Game kini semakin berkembang pesat, terbukti dengan semakin canggih nya Smartphone membuat banyak Developer Game merilis game versi Mobile, hal ini banyak dimanfaatkan oleh para konten kreator untuk membuat konten Video Gaming, modal yang harus dikeluarkanpun tidak terlalu banyak, hanya saja anda harus bisa kreatif dalam mencari peluang, anda harus bisa melihat Game mana saja yang sedang ramai dimainkan oleh anak muda sekarang, dan jangan lupa untuk memperbagus kualitas konten anda.

Tidak hanya itu, kini Youtube juga menjadi semakin bermanfaat dengan banyak nya konten kreator yang membuat Video dengan tema Ilmu pengetahuan dan Fakta Unik, sebut saja seperti channel, Kok Bisa?, Calon Sarjana, dan YT Crash, saat ini kualitas konten Youtube di Indonesia bisa dibilang sangatlah buruk, bisa kita lihat dengan banyak nya Channel yang memuat konten Dewasa, hingga konten yang mengeluarkan kata-kata tidak senonoh, nah jika anda ingin membuat kualitas konten Youtube di Indonesia menjadi lebih baik, maka anda bisa mencoba membuat konten Ilmu Pengetahuan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "11 Referensi Ide Tema Niche Video Youtube Yang Wajib Kamu Coba"

Posting Komentar