Cara Mengatasi Masalah Piutang Apotek Jatuh Tempo

Cara Mengatasi Masalah Piutang Apotek Jatuh Tempo

Mengatasi Masalah Piutang Apotek Jatuh Tempo - Masalah pengaturan arus kas usaha apotek Anda memang sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap untung rugi usaha. Apalagi persaingan usaha khususnya apotek semakin kompetitif. Jika Anda perhatikan saat ini bermunculan toko-toko apotek dengan konsep yang semakin kreatif dan personal tidak ketinggalan juga menawarkan layanan unggulann ya. Masing-masing bersaing ketat dalam memperebutkan pelanggan.

Mengatasi Masalah Piutang Apotek Jatuh Tempo

Tentunya usaha yang memiliki keunggulan kompetitif dan menerapkan strategi bisnis yang tepat akan tetap hidup dan tumbuh. ini harus didukung dengan tersedianya barang dengan kualitas yang baik dan harga yang bersaing dan strategi penjualan kredit yang tepat. Namun tersediannya barang dan fasilitas kredit penjualan bagi pelanggan memerlukan modal kerja yang cukup. Selain itu tersedianya barang dan fasilitas kredit bagi pelanggan menciptakan terjadinya saldo persediaan saldo utang dan piutang usaha yang dalam laporan keuangan usaha merupakan bagian dan modal kerja.

Dalam kasus usaha apotek yang usaha banyak dibiayai oleh utang dan distributor/Pemasok di sisi lain juga memberikan kredit kepada para pelanggan utama (dokter & bidan). Ketika kolektibilitas piutang tidak bisa meng-cover pada waktu harus membayar cicilan utang akan menimbulkan masalah likuiditas, yang pada akhirnya akan berimbas pada menurunnya profit.

Baca Juga: Tips Sebelum Memulai Usaha Frozen Food Paling Mudah

Ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perputaran modal kerja ini:
  • Perpendek angka rata-rata umur piutang. Lakukan efisiensi pengelolaan piutang usaha dengan mengkaji ulang fasilitas kredit pelanggan lebih rutin. Misalnya jika lazimnya ditagih 30 hari setelah pengiriman perpendek menjadi 25 hari. Contoh lain adalah meminta uang muka pembayarat di muka, dan sisanya bisa dibayar sesuai tempo yang disepakati.
  • Perpendek umur rata-rata persediaan. Cek stok di gudang Anda. Ketahui barang mana yang slow moving dan tawarkan deng an diskon, obral, atau insentif lainnya bila perlu. Kontrol umun persediaan Anda serendah mungkin. Di sisi lain Anda juga bisa melakukan perbaikan.
  • Perpanjang umur rata-rata Utang dagang Anda. Anda bisa melak ukan komunikasi dengan pemasok untuk mengefisienkan proses pembelian. Misalnya negosiasi untuk meminta perpanjangan rata-rata kredit yang diberikan pemasok ketika perputaran piutang usaha melambat. Peningkatan saldo piutang usaha hanya akan menciptakan arus kas keluar, jika peningkatan penjualan tidak diikuti dengan percepatan penagihan. Akibatnya akan menyebabkan meningkatnya saldo piutang usaha dan terjadi perlambatan dalam perputaran piutang usaha. Diperlukan segera perbaikan di ketiga sisi baik persediaan utang maupun piutang dan usaha apotek Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Masalah Piutang Apotek Jatuh Tempo"

Posting Komentar